Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA

Yuendi, Esa Cintami (Unknown)
Sagita, Kaila Alif (Unknown)
Sunarya, Annisa Eka (Unknown)
Afiyah, Wardatul (Unknown)
Putri, Hafiziani Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan TikTok dengan tingkat stres mahasiswa di Indonesia. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional terhadap 102 responden, data dikumpulkan melalui kuesioner intensitas TikTok dan skala stres PSS-10. Hasil menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan (r = 0,658, p < 0,001), di mana 43,3% variasi stres dijelaskan oleh penggunaan TikTok. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan TikTok yang intensif berkontribusi terhadap peningkatan stres mahasiswa. Studi ini menekankan pentingnya pengelolaan penggunaan media sosial secara bijak untuk menjaga kesehatan mental.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...