Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 4 No. 02 (2024): edisi Desember 2024

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALY ROYATUL QUR’AN

rahmat, hayati (Unknown)
Ardiansyah, M. Nurman (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengajaran bahasa Arab di Ma'had Aly Royatul Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengajaran bahasa Arab di Ma'had Aly Royatul Qur'an melibatkan beberapa aspek penting, seperti seleksi mahasiswa, rekrutmen pengajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab juga menjadi faktor penting yang mendukung efektivitas proses pembelajaran. Selain itu, pengembangan karakter mahasiswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan nilai-nilai akhlak mulia juga menjadi perhatian utama dalam manajemen pengajaran di ma'had tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan manajemen yang baik, lulusan Ma'had Aly Royatul Qur'an diharapkan mampu menguasai bahasa Arab dengan baik dan siap untuk berkontribusi dalam dakwah dan pendidikan di masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...