ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 1 Praya Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan penelitian dipilih secara purposive yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru TIK, dan staf administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen TIK di sekolah ini masih berada pada tahap awal dengan sejumlah keterbatasan, seperti belum adanya perencanaan strategis yang terdokumentasi, infrastruktur TIK yang belum merata, serta kompetensi SDM yang belum optimal. Sistem komunikasi digital digunakan secara informal dan belum terintegrasi ke dalam platform manajemen sekolah yang terdokumentasi secara sistematis. Monitoring dan evaluasi pemanfaatan TIK belum dilakukan secara berkala dan berbasis indikator kinerja. Kendati menghadapi sejumlah hambatan seperti keterbatasan anggaran, minimnya pelatihan, dan kurangnya sistem pendukung, sekolah telah mulai menunjukkan upaya peningkatan melalui inovasi pembelajaran digital dan kolaborasi lintas pihak.  Transformasi manajemen TIK di sekolah dapat tercapai dengan penguatan perencanaan strategis, pelatihan SDM yang berkelanjutan, sistem evaluasi digital terintegrasi, serta kebijakan yang mendukung pemanfaatan teknologi secara optimal dalam tata kelola pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025