RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal
Vol. 7 No. 7 (2025): RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal

Peran Ekstrakulikuler Qiroah dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa di SD Masyithoh Ngoro

Nyla Qoyum (Unknown)
Achmad Yusuf (Unknown)
Askhabul Kirom (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler qiroah dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa di SD Masyithoh Ngoro. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa peserta qiroah, guru pembina, dan wali kelas. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan qiroah yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis membaca Al-Qur’an, tetapi juga membantu membangun rasa percaya diri siswa melalui pengalaman tampil, dorongan guru, dan suasana latihan yang mendukung. Guru berperan penting melalui pemberian pujian, latihan kelompok kecil, dan komunikasi dengan orang tua. Temuan ini mendukung teori self-efficacy Bandura (1995) dan teori perkembangan Erikson (1963), yang menekankan pentingnya pengalaman keberhasilan dan dukungan lingkungan dalam pembentukan rasa percaya diri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

reslaj

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal is a scientific journal of the National Islamic Institute of Religion (IAI-N) Laa Roiba Bogor. Managed by the Institute of Research and Community Service (LPPM) IAI-N Laa Roiba in colaboration witf Intelectual Association for Islamic Studies ...