Jurnal Riset Pecinta Matematika
Vol. 1 No. 2 (2024)

Studi Literatur: Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama

Jagad, Dimaz Surya (Unknown)
Kenzu, Erika Nur (Unknown)
Maulidya, Nur Fadilah (Unknown)
Untu, Zainuddin (Unknown)
Muhtadin, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran matematika di Indonesia masih menghadapi tantangan besar, terutama dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami masalah, karena pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual dan terlalu abstrak. Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) muncul sebagai solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas PMRI dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP melalui studi literatur terhadap sepuluh artikel jurnal yang relevan dan terindeks dalam lima tahun terakhir. Analisis dilakukan dengan sintesis tematik untuk mengelompokkan temuan berdasarkan pola dan kategori yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan pemahaman konsep, keterkaitan antara teori dan penerapan, serta motivasi belajar. Namun, terdapat kendala dalam penerapannya, seperti kesiapan guru dan keterbatasan sumber belajar. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan guru yang intensif serta pengembangan bahan ajar berbasis konteks nyata agar penerapan PMRI lebih efektif. Studi ini diharapkan memberikan perspektif baru bagi guru dan pengambil kebijakan dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran matematika yang lebih kreatif dan efisien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JRPM: Jurnal Riset Pecinta Matematika is an academic journal published by Yayasan Cinta Matematika. The journal is dedicated to advancing the understanding and application of mathematics and mathematics education. We aim to provide a platform for researchers, educators, and practitioners to share ...