Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (3)

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Kemampuan Matematika Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 1 Klaten

Natasya, Sima (Unknown)
Putri, Stima Anggita (Unknown)
Purnaningsih, Susi (Unknown)
Pambudi, Titis Rena Siwi (Unknown)
Tri Nur Puspitasari (Unknown)
Rakhmawati, Ulfa Ayu (Unknown)
Susanti, Maria Melani Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap kemampuan matematika pada peserta didik kelas IV di SD N 1 Klaten. Subjek dari penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SD N 1 Klaten tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian diperoleh menggunakan angket untuk melihat tingkat sosial ekonomi orang tua dan tes untuk mengetahui kemampuan matematika peserta didik. Teknik analisis data yang diterapkan ialah teknik kuantitatif deskriptif dengan populasi peserta didik kelas IV di SD N 1 Klaten. Pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 53 peserta didik digunakan sebagai sampel. Data diambil menggunakan kuesioner dengan variabel ordinal untuk variabel status sosial ekonomi dengan skala 1-7 untuk pendidikan orangtua, serta 1-4 untuk pendapatan orangtua. Variabel kemampuan matematika diukur dengan nilai tes dengan skala 1-100. Validitas kuesioner diambil dan divalidasi langsung oleh pihak sekolah, untuk soal matematika telah melalui uji validitas yang dilakukan langsung oleh guru kelas. Hipotesisi diuji menggunakan analisis regresi setelah dilakukan uji asumsi klasik. Data diolah dengan software SPSS 25. Hasil memperlihatkan bahwa status sosial ekonomi berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan matematika. Adanya hubungan positif antara status sosial ekonomi dan kemampuan mematika, berarti bahwa pentingnya peran orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar yang lebih baik dan dukungan belajar untuk anaknya dalam mencapai pendidikan yang berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...