Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (3)

Pengembangan Media Gambar Menggunakan Aplikasi Thinglink Berbasis Problem Based Learning pada Materi Jalur Rempah di Indonesia SMA Negeri 1 Indralaya Utara

Andita, Ita (Unknown)
Safitri, Sani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Gambar Menggunakan Aplikasi Thinglink Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Jalur Rempah di Indonesia di SMA Negeri 1 Indralaya Utara”. penelitian ini telah di laksanakan di kelas X.3 SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektivitas dan kevalidan dalam mengembangkan media gambar menggunakan aplikasi Thinglink pada materi jalur rempah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media gambar menggunakan aplikasi Thinglink secara efektif serta untuk mengetahui tingkat kevalidan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Peneliti menggunakan metode pengembangan sebagai pendekatan dalam penelitiannya. Peneliti menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip untuk mengembangkan media gambar. Model pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Media gambar ini telah melalui uji alpha dengan perolehan nilai pada validasi media sebesar 4,50, validasi materi sebesar 4,27, dan validasi bahasa sebesar 5,00 yang masuk dalam kategori sangat valid. Dari hasil uji coba lapangan, diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 37,5. Setelah menggunakan media gambar terjadi peningkatan pada hasil posttest dengan rata-rata sebesar 91,51. Berdasarkan deskripsi dari nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 53,94% serta N-gain 0,86 yang masuk kategori tinggi. Pernyataan tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif dalam pembelajaran. Penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran di kelas tampak menarik perhatian peserta didik terlihat dari peserta didik menyimak dengan seksama, bersemangat, serta aktif dalam menggunakan media gambar menggunakan aplikasi Thinglink berbasis Problem Based Learning di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...