Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (3)

Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Question Card terhadap Pemahaman Konsep Bahasa Indonesia Kelas IV

Muslimah, Zahraul (Unknown)
Afriyadi, Muhammad Muchsin (Unknown)
Farida, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep Bahasa Indonesia di lembaga pendidikan dasar mendorong perlunya rencana proses belajar yang inovatif dan efisien. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji dampak model AIR dengan bantuan Question Card terhadap pemahaman konsep Bahasa Indonesia di kelas IV MIS MMA IV di Sukabumi, Bandar Lampung. Riset ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan rancangan quasi-eksperimen, tepatnya pada kelompok kontrol yang tidak setara (non-equivalent control group) melibatkan kelas eksperimen (n=28) yang menggunakan model AIR dan kelas kontrol (n=24) dengan Cooperative Learning. Instrumen berupa pretest dan posttest dikembangkan berdasarkan Taksonomi Bloom C2. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, N-Gain 48,86%, yang merupakan kategori sedang-tinggi lebih besar dari kelas kontrol 27,72%, yang merupakan kategori rendah-sedang.  Sebagai hasilnya, penolakan Ho dan penerimaan Hi ditegaskan oleh hasil analisis paired sample t-test dengan nilai p 0,000 (p < 0,05), yang menandakan perbedaan signifikan model AIR berbantuan Question Card berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep peserta didik. Disimpulkan bahwa model AIR efektif dalam membangun pemahaman konsep yang mendalam dan berkelanjutan, serta mendukung pengembangan pembelajaran berbasis multisensori yang aktif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...