Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru keterampilan dalam mengembangkan life skill siswa di MAN 3 Palembang. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, sementara teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Keabsahan data dijamin melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan guru keterampilan di MAN 3 Palembang terbukti efektif dalam mengembangkan life skill siswa. Efektivitas tersebut tercermin dalam penerapan empat indikator strategi pembelajaran, yaitu: (1) perencanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik menggunakan modul berstandar nasional; (2) pengorganisasian dengan sistem blok yang terstruktur serta didukung oleh fasilitas yang memadai; (3) pelaksanaan berbasis proyek yang mengintegrasikan teknologi dengan pendekatan praktis; dan (4) evaluasi menyeluruh melalui ujian kompetensi, supervisi, serta penilaian terhadap proses dan hasil kerja. Melalui strategi ini, pengembangan keterampilan hidup peserta didik dapat berjalan secara optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025