Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (3)

Implementasi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division untuk Mengoptimalkan Keterlibatan Anggota Kelompok di Kelas XI SMA Bima Ambulu

Cristyanto, Febyan Gilang (Unknown)
Firdaus, Hana Puspita Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam kerja kelompok pada pembelajaran matematika di kelas XI SMA Bima Ambulu. Tujuan penelitian adalah mengoptimalkan keterlibatan peserta didik, efektivitas kerja kelompok, dan akuntabilitas individu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus: siklus I menerapkan pembelajaran kelompok konvensional, dilanjutkan dengan siklus II menggunakan model STAD. Subjek terdiri dari 33 peserta didik yang dibagi menjadi tujuh kelompok heterogen dengan setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik. Instrumen meliputi pretest–posttest individual untuk mengukur penguasaan konsep matematika, tugas kelompok untuk menilai efektivitas kerja sama tim, lembar observasi interaksi untuk mengevaluasi keterlibatan dan dinamika kelompok, serta angket tanggapan siswa untuk menggali persepsi dan respons afektif terhadap model pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi perubahan prestasi dan dinamika kelompok. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: rata‑rata pretest 55,3 meningkat menjadi rata‑rata posttest 76,9 setelah STAD, dengan 93,9 % siswa tuntas. Kelompok lulus meningkat dari 14,3 % pada pembelajaran konvensional menjadi 85,7 % di STAD. Meski satu kelompok masih belum mencapai KKM. Peningkatan individu rata‑rata 11,6 poin menegaskan efektivitas mekanisme akuntabilitas dan penghargaan kelompok dalam STAD. Simpulan utama menyatakan bahwa model STAD mampu memacu partisipasi dan prestasi siswa secara merata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...