Penelitian pengembangan media pembelajaran Video Animasi berbasis Virtual Reality dengan tujuan menilik proses pengembangan, kelayakan dan keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri 1 Pucungkerep. Metode penelitian menggunakan penelitian Research and Development (R&D), dengan model ADDIE untuk tahapan penelitiannya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes berupa hasil pretest dan posttest. Adapun teknik non-tes meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi yang digunakan sebagai pendukung dalam analisis data kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 8 siswa kelas V uji kelompok kecil dan 20 siswa kelas V uji kelompok besar. Pengujian media pembelajaran Video Animasi berbasis Virtual Reality menunjukkan hasil yang layak oleh validator media (88.75%) dan ahli materi (90,9%). Media pembelajaran ini membuktikan keefektifannya dengan meningkatnya hasil belajar pada kelompok kecil melalui pretest dan posttest, yaitu meningkat dari 64.2 menjadi 84,5 dengan nilai N-Gain sebesar 56% dengan kategori sedang. Pada kelompok besar, hasilnya meningkat pada pretest dan posttest yaitu dari 63,9 menjadi 79,1, dengan nilai N-Gain sebesar 40% yang berkategori sedang. Oleh karena itu, media pembelajaran Video Animasi berbasis Virtual Reality terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pucungkerep pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025