Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 3 (2025)

Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Sinaga, Elisha Stephany (Unknown)
Agus Wedi (Unknown)
Citra Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei digunakan dalam penelitian ini. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 70 siswa dari kelas X SMA Negeri 6 Tambun Selatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi post-test untuk menilai kemampuan awal siswa, angket untuk menilai motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh dari nilai Ujian Tengah Semester mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan analisis regresi linier berganda untuk uji linieritas. Temuan penelitian membuktikan bahwa; 1) Hasil belajar Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kemampuan awal dan motivasi belajar, yang dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. 2) Hasil belajar bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kemampuan awal, yang ditunjukkan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. 3) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...