IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Juni (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MTS INKLUSI BONTOCINDE GOWA

Hayida-o, Saadah (Unknown)
Mardhiah (Unknown)
Muhammad Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan Total Quality Management (TQM) di MTs Inklusi Bontocinde Gowa, yang berfokus pada manajemen mutu dalam pendidikan inklusi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi guru mengenai TQM dan dampaknya terhadap efektivitas penerapannya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik wawancara kepada kepala madrasah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap TQM, yang berkontribusi pada terciptanya lingkungan belajar yang kolaboratif dan inklusif. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pemahaman yang bervariasi tentang TQM, dukungan dari pimpinan sekolah dan pelatihan berkelanjutan meningkatkan keterlibatan staf. Kesimpulannya, keberhasilan penerapan TQM sangat bergantung pada kolaborasi semua pihak dan komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan bagi semua siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...