IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Juli (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

Branding Tematik Wisata Urban Surabaya: Studi Komparatif Tiga Atraksi Ikonik

Galuh Sekarwangi, Anna Ikhstifarin, Dona Febby, Mohammad Insan Romadhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi branding tematik pada tiga lokasi wisata urban ikonik di Surabaya, yakni Taman Bungkul, Food Junction, dan Taman Grand Harvest. Ketiganya mencerminkan pendekatan yang berbeda dalam membangun citra destinasi yang didasarkan pada komposisi atraksi yang mencakup elemen alam, budaya, sosial, dan buatan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi komparatif melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan media promosi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Taman Bungkul menekankan identitas komunitas dan nilai budaya, Food Junction menonjolkan hiburan dan kuliner melalui pelaksanaan event tematik, sedangkan Taman Grand Harvest menyoroti aspek estetika visual dan gaya hidup modern. Meskipun setiap destinasi memiliki kekuatan yang khas, terdapat tantangan dalam mempertahankan konsistensi identitas serta loyalitas pengunjung. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan branding tematik tempat wisata urban sangat bergantung pada keselarasan antara narasi destinasi, strategi promosi, dan pengalaman pengunjung yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...