Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 7 No. 3 (2025): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Peran Pemikiran Islam dalam Membentuk Konsep Pendidikan Humanisme di Eropa

Rismayanti, Santi (Unknown)
Zuhri, M.Tajudin (Unknown)
Munawaroh, Nenden (Unknown)
Masripah, Masripah (Unknown)
Nurwahidah, Dede (Unknown)
Dewi, Rani Nurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Perkembangan humanisme di Eropa tidak dapat dipisahkan dari kontribusi pemikiran Islam yang telah lebih dahulu membangun tradisi intelektual berbasis rasionalitas, etika, dan penghargaan terhadap ilmu pengetahuan, khususnya pada masa Renaissance. Humanisme dan Renaissance memiliki keterkaitan erat, di mana humanisme menjadi pendorong utama lahirnya zaman kebangkitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penting para pemikir Muslim dalam membentuk fondasi konseptual pendidikan humanistik di Eropa. Melalui pendekatan historis-filosofis dan studi pustaka, ditemukan bahwa kontribusi Islam sangat signifikan, terutama melalui aktivitas penerjemahan karya-karya klasik Yunani-Romawi, pengembangan institusi pendidikan tinggi, serta dialog filosofis yang menjembatani pemikiran Timur dan Barat. Temuan ini menunjukkan bahwa humanisme Eropa bukanlah produk tunggal peradaban Barat, melainkan hasil interaksi lintas budaya yang kaya dan kompleks.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan historis-filosofis. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research), yang melibatkan analisis terhadap sumber-sumber primer maupun sekunder berupa karya-karya klasik filsafat Islam, dokumen sejarah, serta literatur akademik terkait perkembangan humanisme di Eropa. Dengan pendekatan ini ditemukan bahwa kontribusi Islam sangat signifikan, terutama melalui kegiatan penerjemahan karya-karya klasik, pengembangan sistem pendidikan tinggi, serta dialog filosofis lintas budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...