Journal of Contemporary Issues in Elementary Education
Vol. 3 No. 1 (2025): Juni 2025

Strategi Inovatif SD Muhammadiyah 1 Surakarta dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Modern

Arifin, Achmad Januar (Unknown)
Abidin, Hammam Rafi (Unknown)
Setiaji, Calista Amalia (Unknown)
Maharendra , Masayu Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia masih jauh dalam mencapai standar pendidikan internasional. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam era perkembangan teknologi yang pesat. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi inovatif yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Subjek penelitian ini ialah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan di SD Muhammadiyah 1 Surakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan ialah metode IRB (Identifikasi, Refleksi, Benahi) sebagai langkah terstruktur untuk menemukan dan memperbaiki aspek yang membutuhkan perbaikan. Strategi ini mencakup perencanaan jangka pendek hingga jangka panjang dengan melibatkan semua pihak terkait, serta berfokus pada tiga aspek utama: peningkatan mutu pembelajaran, penyediaan layanan yang sesuai kebutuhan, dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jciee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Contemporary Issues in Elementary Education (E-ISSN: 3025-4302, P-ISSN: 3025-891X) is a scientific periodical published twice a year (January-June, July-December) that publishes research results on elementary education. This journal aims to develop concepts, perspectives, paradigms, and ...