Penguatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu tantangan utama dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, khususnya pada lembaga penyedia layanan dasar seperti Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan sikap pelayanan karyawan melalui pelatihan Service Excellent yang berfokus pada pembentukan perilaku kerja yang responsif dan empatik. Metode pelaksanaan dilakukan secara partisipatif melalui tahapan observasi, focus group discussion (FGD), pelatihan interaktif, praktik simulasi (role play) dengan sebanyak 30 orang peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan mampu meningkatkan kesadaran dan keterampilan karyawan dalam menyambut, melayani, menangani keluhan, dan menutup layanan secara profesional. Intervensi ini juga berdampak positif terhadap perubahan pola pikir karyawan bahwa pelayanan bukan sekadar tugas administratif, melainkan representasi nilai dan citra institusi. Dengan menerapkan prinsip service excellent, diharapkan Perumda Tirta Mangkaluku dapat menghadirkan layanan yang tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui harapan pelanggan.
Copyrights © 2023