Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB EKSPLORASI BUDAYA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD

Nuraeini, Tiara (Unknown)
Zakiah, Linda (Unknown)
Imaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Rendahnya pengetahuan siswa sekolah dasar terhadap nilai-nilai kebudayaan Indonesia menjadi dasar dilakukannya penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web JENDELA (Jelajah dan Eksplorasi Budaya). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan media yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi keberagaman budaya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara dan penyebaran angket kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru kelas, serta siswa kelas V. Hasil validasi menunjukkan media ini memperoleh skor kelayakan sebesar 92% dari ahli materi, 89% dari ahli bahasa, dan 88% dari ahli media, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba kepada peserta didik menunjukkan hasil positif dengan skor 89,33% pada uji coba One to One, 90,53% pada Small Group, dan 92,22% pada Field Test. Berdasarkan hasil tersebut, media ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keberagaman budaya untuk siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Keberagaman Budaya, ADDIE

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...