Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teknik pengasuhan yang digunakan oleh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak-anak mereka di antara pengunjung Binjai Supermall. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, memanfaatkan teknik pengumpulan data yang mencakup wawancara dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa orang tua menggunakan berbagai strategi, seperti menyediakan sumber daya pendidikan yang komprehensif, menawarkan dorongan untuk usaha anak-anak daripada hanya berfokus pada hasil, membantu anak-anak dalam menetapkan tujuan pembelajaran mingguan atau harian, dan menahan diri dari hukuman yang tidak semestinya untuk mengurangi tekanan pada anak-anak. Lebih jauh, orang tua tertentu secara konsisten terlibat dalam percakapan dengan anak-anak mereka mengenai pengalaman pendidikan mereka di sekolah sebagai sarana untuk memberikan dukungan emosional. Strategi-strategi ini dianggap efektif dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan harga diri, dan menginspirasi anak-anak untuk bertahan dalam upaya pendidikan mereka. Penelitian ini menawarkan contoh yang menunjukkan bahwa pengasuhan yang mengasuh, mudah beradaptasi, dan terlibat dapat meningkatkan motivasi anak-anak dalam belajar.
Copyrights © 2025