Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Semangat Belajar Siswa

Agung Ramadan (Unknown)
Uli Makmun Hasibuan (Unknown)
Khairul Aldi Syahdana Mz (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Pendidikan yang efektif tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan aspek psikologis siswa, seperti kepercayaan diri dan semangat belajar. Dua aspek ini saling berkaitan erat dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kepercayaan diri dan mempertahankan semangat belajar di tengah tekanan akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kepercayaan diri dan semangat belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas X yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan sebelum dan sesudah layanan, lalu dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada tingkat kepercayaan diri dan semangat belajar siswa setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal. Hal ini membuktikan bahwa layanan bimbingan klasikal dapat menjadi strategi efektif dalam pengembangan pribadi dan akademik siswa di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan layanan klasikal secara lebih terarah dan kontekstual oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam mendukung proses pendidikan holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...