Jurnal Paramaedutama
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Paramaedutama | Juni - Agustus 2025

Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMA Negeri 8 Kota Jambi

Anggraini, Novita Ayu (Unknown)
Sutja, Akmal (Unknown)
Sarman, Freddi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Perencanaan karir merupakan proses yang dilakukan seseorang dalam menyusun dan melaksanakan tujuan dan jalur karir yang diinginkan. Agar mencapai perencanaan karir yang matang dibutuhkan dukungan sosial orang tua terhadap perencanaan karir siswa SMA N 8 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap adanya pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap perencanaan karir siswa SMA N 8 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Expost Facto yang melibatkan variabel Independent (Dukungan Sosial Orang Tua) dan variabel Dependent (Perencanaan Karir). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Sampel penelitian ini terdiri dari 188 siswa, yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan opsi jawaban menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Data dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan dukungan sosial orang tua berada pada klasifikasi tinggi dengan persentase sebesar 86,31%, perencanaan karir siswa berada pada klasifikasi tinggi dengan persentase sebesar 62,58%, terdapat pengaruh yang positif dukungan sosial orang tua terhadap perencanaan karir siswa SMA N 8 Kota Jambi sebesar 23% dengan kategori cukup kuat. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada guru BK di sekolah terkait dengan peran dukungan orang tua dalam perencanaan karir siswa. Dengan demikian, guru BK dapat menjalankan layanan BK secara efektif dalam memahami rencana karir siswa serta dalam memfasilitasi pengembangan minat dan keterampilan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...