Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Model Pembelajaran Talking Stick untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun

Octavia, Astri (Unknown)
Muazzomi, Nyimas (Unknown)
Utami, Winda Sherly (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab. Bungo. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan bentuk one grup pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak di TK Bina Mulya Kec.Pelepat Ilir Kab. Bungo dengan jumlah 40 orang anak. Sampel pada penelitian adalah anak kelas TK B uisa 5-6 tahun dengan jumlah 28 orang anak, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, lembar observasi yang digunakan yaitu instrument penelitian yang telah diuji validasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan paired samples t-test. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran talking stick terhadap peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak. Perhitungan effect size menghasilkan nilai sebesar 4, yang masuk dalam kategori efek kuat. Dengan demikian, model pembelajaran talking stick efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun. Peneliti merekomendasikan penggunaan model ini secara aktif dalam proses pembelajaran PAUD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...