Perkembangan sosial merupakan kemampuan seseorang dalam berprilaku pada suatu interaksi dengan orang lain di lingkungan sekitar dengan unsur sosialisasi dan sesuai dengan tuntunan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memaknai interaksi sosial anak dengan lingkungan sekolah, hambatan interaksi sosial anak yang sering muncul di lingkungan sekolah, serta mendeskripsikan strategi efektif yang digunakan oleh guru dalam mengatasi permasalahan hambatan interaksi sosial. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa seorang anak pada aspek perkembangan perilaku sosial dapat dikatakan belum berkembang, sehingga perlu adanya berbagai stimulasi yang sesuai agar perkembangan sosialnya dapat lebih optimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang anak berusia 6 tahun memiliki beberapa hambatan pada interaksi sosial yang tidak sesuai dengan usianya atau berbeda dengan teman sebaya pada umumnya. Maka dari itu beberapa strategi guru yang diimplementasikan cukup efektif dalam mengatasi permasalahan interaksi sosial anak.
Copyrights © 2025