Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

Strategi Guru Terhadap Hambatan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Rahmah, Fadila (Unknown)
Elan, Elan (Unknown)
Sianturi, Risbon (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Perkembangan sosial merupakan kemampuan seseorang dalam berprilaku pada suatu interaksi dengan orang lain di lingkungan sekitar dengan unsur sosialisasi dan sesuai dengan tuntunan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memaknai interaksi sosial anak dengan lingkungan sekolah, hambatan interaksi sosial anak yang sering muncul di lingkungan sekolah, serta mendeskripsikan strategi efektif yang digunakan oleh guru dalam mengatasi permasalahan hambatan interaksi sosial.  Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa seorang anak pada aspek perkembangan perilaku sosial dapat dikatakan belum berkembang, sehingga perlu adanya berbagai stimulasi yang sesuai agar perkembangan sosialnya dapat lebih optimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang anak berusia 6 tahun memiliki beberapa hambatan pada interaksi sosial yang tidak sesuai dengan usianya atau berbeda dengan teman sebaya pada umumnya. Maka dari itu beberapa strategi guru yang diimplementasikan cukup efektif dalam mengatasi permasalahan interaksi sosial anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...