JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol. 16 No. 1 (2025): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

Pengembangan dan Validasi Isi Indikator Kesulitan Belajar Pemrograman Siswa SMP

Fathimah, Nusuki Syari'ati (Unknown)
Junaeti, Enjun (Unknown)
Aryanti, Andini Setia (Unknown)
Erlangga, Erlangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memformulasikan indikator-indikator kesulitan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam konteks pembelajaran pemrograman. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 23 indikator yang dikelompokkan ke dalam tiga elemen utama: pemahaman konsep dasar algoritma, keterampilan pemrograman, dan berpikir komputasional dalam tahapan problem solving. Validasi isi dilakukan oleh enam ahli yang memiliki latar belakang di bidang pendidikan dan informatika, dengan menggunakan skala penilaian 4 poin. Data dianalisis menggunakan pendekatan Item-Level Content Validity Index (I-CVI) dan koefisien kappa modifikasi () untuk mengontrol kemungkinan kesepakatan yang terjadi secara kebetulan. Hasil menunjukkan bahwa seluruh item memiliki nilai I-CVI ≥ 0,83 dan  berkisar antara 0,82 hingga 1,00. Nilai Average-CVI sebesar 0,91 mengindikasikan bahwa instrumen memiliki validitas isi yang sangat baik. Berdasarkan saran dari para ahli, instrumen direvisi menjadi 43 butir indikator dengan nilai I-CVI dan sebesar 1,00. Instrumen ini dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi survei persepsi guru terhadap kesulitan belajar siswa atau menjadi dasar penyusunan tes diagnostik yang ditujukan langsung kepada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...