Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi guru PKn membina sikap disiplin siswa dalam pelaksanaan upacara bendera di SMP Negeri 2 Samarinda dan mendeskripsikan pendekatan, metode dan menganalisis model digunakan oleh guru PKn dalam membina sikap disiplin peserta didik. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Samarinda pada bulan Januari hingga Maret 2025. Subjek penelitian ini ialah guru Guru PKn sebagai informan dan siswa/i kelas VII, VII, dan IX sebagai responden dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan sikap disiplin oleh guru PKn dilakukan melalui pendekatan yang bersifat demokratis, partisipatif, dan afektif yang berfokus pada kesadaran internal siswa. Strategi ini diwujudkan melalui model pembelajaran berbasis pengalaman, kontekstual, dan aktif, di mana siswa dilibatkan langsung dalam kegiatan upacara bendera. Pembiasaan dan keteladanan menjadi metode utama, dibarengi nasihat, pengawasan, dan pemberian penghargaan. Proses ini membentuk sikap disiplin secara bertahap dan alami, bukan karena paksaan, melainkan melalui pengalaman langsung yang bermakna dan pembentukan karakter secara emosional dan sosial.
Copyrights © 2025