Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 14 No. 1 (2025): Juni

Kajian Tren Riset Peran Neurosains: Implikasinya Terhadap Pendidikan Di Sekolah Dasar

Nur Asyiah (Unknown)
Johar Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

implikasinya terhadap pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendekatan berbasis neuroscience dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja otak siswa. Metode yang digunakan adalah kajian literatur untuk mengeksplorasi berbagai penelitian terkini terkait topik ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa neuroscience memberikan kontribusi signifikan dalam berbagai aspek pendidikan, termasuk peningkatan pemahaman kognitif, literasi matematika, kemampuan kolaborasi, dan pembentukan karakter. Pendekatan ini juga mengintegrasikan dimensi kognitif, emosional, dan spiritual secara holistik. Namun, terdapat sejumlah tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru dan terbatasnya sumber daya pendukung. Kajian ini menyimpulkan bahwa penerapan neuroscience berpotensi besar untuk menciptakan pembelajaran yang lebih adaptif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era modern, dengan syarat dukungan pelatihan dan pengembangan kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...