Pada saat ini Kampanye mengalami perubahan dengan hadirnya media sosial yang indikasinya terlihat pada perkembangan aktifitas komunikasi politik dalam kampanye pemilu di media sosial. Sandiaga Uno menggunakan media sosial untuk mempengaruhi efikasi politik pemuda, karena di era interaktif digital, produksi pesan dan citra politik sangat berpengaruh untuk menggalang suara pemilih pemuda. Narasi kampanye dibentuk dengan narasi yang menarik bagi pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplore narasi kampanye yang dibentuk Sandiaga Uno pada media sosial Instagram dan mengidentifikasi narasi efikasi politik dalam membentuk sikap efikasi politik pada pemuda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian ini menemukan empat narasi yang digunakan Sandiaga Uno dalam kampanye digital yaitu, tema kepedulian terhadap sosial, partisipasi pemuda, kekayaan warisan budaya Indonesia, dan Gaya kepemimpinan. Tema kepedulian terhadap sosial yang paling banyak di posting tersebut berhasil digunakan Sandiaga Uno untuk membentuk efikasi politik pemuda
Copyrights © 2024