Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Vol 10 No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Perbandingan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi

Nur’aini, Fajar (Unknown)
Rosyadi, Ihrom (Unknown)
Arafah, Maretania (Unknown)
Safrina, Mega (Unknown)
Isnaini, Nuri (Unknown)
Evendi, Rahmat (Unknown)
Sugiharto, Bowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh jenjang semester terhadap kemampuan berargumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian expost facto. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling.Sampel yang digunakan yaitu 30 mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 pada tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah soal isian yang dikembangkan berdasarkan TAP (Toulmin’s Argumentation Pattern). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis independence t test. Hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 berturut-turut mendapatkan rata-rata 25,67%, 32,11%, 37,7%, 49,06%, sehingga mahasiswa dengan jenjang semester lebhi tinggi memiliki keterampilan berargumentasi yang lebih unggul. Dapat disimpulkan bahwa jenjang semestermempengaruhi tingkat kemampuan argumentasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biosfer: Jurnal Tadris Biologi is a Scientific Journal managed by Biology Education UIN Raden Intan Lampung with registered numbers p-ISSN: 2086-5945 (print) and e-ISSN: 2580-4960 (online). The Purpose of the Journal of the Biosphere is a vehicle or vessel for pouring the latest theories, ...