Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 2 No 2 (2015): TERAMPIL

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V

TRIMANTARA, HERMANSYAH (Unknown)
WIBOWO, RATNO (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui pendekatan kelompok kecil.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas denganmelakukan refleksi sebagai perbaikan pembelajaran. sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Kemmis dan Mc Taggart.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 01 Binakarya Sakti. kelas V semester 1 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan jumlah siswa 23 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. setiap siklus terdiri dari 4 tahap. yaitu perencanaan. pelaksanaan. observasi. dan refleksi. Sumber data yang dipakai menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga. penerapan pendekatan kelompok kecil dapat menjadi salah satu alternatif dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...