Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 8 No 2 (2021): TERAMPIL

Implikasi Strategi Blended Learning dengan Pemahaman Anak SD terhadap Pembelajaran Tematik di Era Covid-19

Ulfah, Tsaqifa Taqiyya (Unknown)
Yuliawati, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi semua kalangan khususnya pada anak usia SD, namun saat ini virus covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga pelaksanaan belajar mengajar terhambat. Di awal masa pandemi covid-19, pembelajaran tatap muka pun ditiadakan, sehingga pelaksanaan pembelajaran mengalami transformasi menjadi pembelajaran online. Seiring berjalannya waktu, Indonesia memasuki era New Normal. Melihat kondisi tersebut, guna memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran Blended Learning menjadi strategi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan pemilihan Strategi Blended Learning dalam pembelajaran dengan pemahaman anak usia Sekolah Dasar di masa pandemi covid-19. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1.) motivasi belajar anak usia sekolah dasar menurun di awal masa pandemi covid-1, 2.)  Implementasi Strategi Blended Learning membuat anak lebih semangat dalam belajar, 3) Strategi Blended Learning membantu anak dalam memecahkan masalah yang belum dipahami.  Dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan dalam pembelajaran akan berpengaruh pada pemahaman anak walaupun belum efektif sepenuhnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...