Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 1 (2023): TERAMPIL

Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

Priza Marta Febriana, Monika (Unknown)
Astuti, Nelly (Unknown)
Diana, Siska Mega (Unknown)
Sowiyah, Sowiyah (Unknown)
Pangestu, Deviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Terdapat peserta didik kelas V yang belum lancar membaca sehingga diperlukan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca agar kemampuan membaca siswa menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dalam meningkatkan kemampuan membaca, kemampuan membaca peserta didik setelah diterapkan pojok baca, danĀ  dampak dan kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dalam meningkatkan kemampuan membaca. Metode penelitian dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Data dianalisis meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah melalui pojok baca telah sampai pada tahap pembiasaan dan tahap pengembangan. Tahap pembiasaan dilakukan dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan tahap pengembangan dilakukan dengan kunjungan ke perpustakaan sekolah, adanya pojok baca kelas, serta adanya tim gerakan literasi sekolah. Kemampuan membaca mengalami peningkatan setelah diadakannya gerakan literasi sekolah melalui pojok baca, akan tetapi masih ada kendala yang dihadapi dalam penerapannya melalui pojok baca yaitu minimnya ruang kelas dan masih terbatasnya ketersediaan buku sehingga buku bacaan yang ada di pojok baca tidak diperbarui secara rutin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...