Pembelajaran yang terjadi pada kondisi pandemi Covid-19 dilakukan secara daring atau online yang pelaksanaannya memerlukan persiapan dari berbagai pihak, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Pada bidang pendidikan seiring perkembangan IPTEK yang begitu cepat berdampak pada berbagai bidang keilmuan untuk ikut berubah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkembang. Untuk menanggapi perkembangan IPTEK maka berubahlah kurikulum menjadi Merdeka Belajar yang mampu merespon dari perubahan revolusi industri 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pada pembaharuan implementasi pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang disesuaikan dengan kurikulum merdeka belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan kajian literatur yang relevan bersumber dari jurnal ilmial online. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif melalui pendekatan studi literatur. Hasil dari penelitian menyatakan jika pada pembelajaran online pendidik maupun siswa telah menerapkan teknologi dengan mumpuni dan dikonsep secara sederhana terhadap kurikulum merdeka belajar agar memudahkan pembelajaran yang sedang berlangsung dan tidak memberatkan siswa.
Copyrights © 2023