Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 2 (2023): TERAMPIL

Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas I & IV SD Negeri

Qonita, Aisyah (Unknown)
Rahmawati, Dwi (Unknown)
Robiansyah, Firman (Unknown)
Adriweri, Erza (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di kelas 1 dan 4 serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas I dan IV. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara,   dan   dokumentasi.   Untuk   menguji validitas data, peneliti menggunakan analisis data yang ketat dan triangulasi, memeriksa data dari lokasi yang sama menggunakan metode yang berbeda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar mulai diterapkan secara bertahap untuk siswa kelas I dan IV sejak tahun 2021, sementara Kurikulum 2013 masih digunakan oleh kelas II, III, V, dan VI. Kurikulum ini mengubah pendekatan pembelajaran untuk siswa kelas I hingga IV dari pembelajaran tematik menjadi pembelajaran berbasis mata pelajaran. Namun, guru di SD Negeri Serang 8 menghadapi berbagai kesulitan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Mereka kesulitan memahami dan membedakan Capaian Pembelajaran (CP) yang diberikan oleh pusat serta mengorganisasi Tujuan Pembelajaran (TP) menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Selain itu, guru juga mengalami kesulitan menemukan teknik dan metodologi pembelajaran yang sesuai, cenderung tetap menggunakan pendekatan pembelajaran yang sama seperti pada kurikulum sebelumnya karena masih khawatir dan belum mampu keluar dari zona nyaman mereka. Kurangnya strategi pembelajaran dan bahan ajar yang memadai juga menjadi masalah bagi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurangnya dukungan dan sumber daya membuat mereka kesulitan beradaptasi dengan perubahan kurikulum ini. Selain itu, sarana dan prasarana juga menjadi masalah dalam penerapan Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...