Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan kelayakan media pembelajaran PowerPoint interaktif pada materi organ gerak manusia di kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADIEE terdiri dari lima tahap diantaranya adalah Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek terdiri dari 22 siswa kelas V SD. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif berasal dari skor yang dikumpulkan oleh validator dan siswa saat mengisi angket, sedangkan hasil analisis kualitatif berasal dari rekomendasi yang diberikan oleh validator untuk memperbaiki produk agar valid. Fokus penelitian ini adalah media pembelajaran PowerPoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif pada materi organ gerak manusia memperoleh 84% dari ahli desain, 88% dari ahli materi, 90% dari ahli bahasa, 95% dari guru, dan 95,45% dari siswa. Dapat disimpulkan apabila media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran
Copyrights © 2023