AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 8 No 1 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Kontribusi Psikologi Orangtua Murid dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Analisis Layanan SDIT Baitul Jannah

Utama, Esen Pramudya (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Lembaga pendidikan dan orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan anak-anak. Sekolah adalah tempat kedua bagi anak-anak untuk mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan. Sekolah yang bagus dan sesuai dengan karakter anak akan mampu membimbing anak-anak menuju masa depan yang lebih baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua memilih sekolah yang terdiri dari faktor internal orangtua, internal sekolah atau lingkungan. Penulis ingin melihat faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih sekolah berdasarkan indikator internal sekolah. Indikator internal sekolah yang dipertanyakan meliputi: ketepatan, kecermatan dan kecepatan pelayanan, kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang timbul, kesediaan dan keterbukaan menerima setiap keluhan, bertanggung jawab atas kualitas produk dan kebijakan penetapan harga yang sesuai, bertangung jawab atas pendidikan agama dan keselamatan, kemudahan dalam memberikan dan menyajikan berbagai informasi, memberikan perhatian khusus kepada anak didik, dan fasilitas serta tata ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana orang tua memilih sekolah untuk anak-anak mereka, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Baitul Jannah dengan deskriptif kualitatif menggunakan quisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam secara umum telah mengalami dinamika. Sekolah-sekolah Islam sekarang diasumsikan menjadi tren bagi masyarakat perkotaan dan komunitas kelas menengah atas. Keberadaan sekolah-sekolah Islam dengan sistem sekolah siang penuh adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat perkotaan yang sibuk dan cemas dengan pendidikan agama anak-anak mereka.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...