AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 8 No 2 (2018): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Pengaruh Kepribadian Guru Agama terhadap Minat Belajar Siswa

Wati, Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam peningkatan minat belajar siswa. Oleh karena itu guru tidak hanya dituntut untuk pintar dalam hal ilmu, tapi juga dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kepribadian guru agama berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Alhidayat Gerning Tegineneng Pesawaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Alhidayat Gerning Tegineneng Pesawaran yang seluruhnya berjumlah 100 siswa, kemudian diambil 30 siswa sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kepribadian guru agama sebagai variabel bebas dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan angket. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan ada pengaruh dari kepribadian guru agama terhadap minat belajar siswa. Setelah data dianalisis dengan menggunakan sistem korelasi product moment dan diperoleh rxy sebesar 0,673, kemudian dikonsultasikan dengan tabel r product moment dengan N = 30, maka diperoleh r pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,361, maka dapat berarti bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai rtabel (0,361<0,673). Jadi hipotesis yang menyatakan, “ada pengaruh dari kepribadian guru agama terhadap minat belajar siswa”  di Madrasah Aliyah Alhidayat Gerning Tegineneng Pesawaran, bisa diterima. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...