AL-ATHFAAL : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol. 4 No. 2 (2021): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

Iqra Sebagai Salah Satu Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyah

Komariyah, Kanada (Unknown)
Sagala, Rumadani (Unknown)
Anggraini, Heni (Unknown)
Rahimah, Rahimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Sangat merugi bagi ornag tua yang tidak mengajarkan iqro kepada anak sejak dini. Pembelajaran iqro merupakan pembelajaran awal ketika seseorang nantinya akan bisa membaca alquran, karena iqro merupakan metode dasar untuk belajar Alquran. Bagaimana cara guru mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak merupakan tujuan penelitian ini. Metode penelitian kualitatif melalui pendekatan survey, menjadi alat untuk menganalisis penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini, guru memberikan pemahaman dan bimbingan pada anak, mempersiapkan media pembelajaran dan materi penunjang iqra, memberikan motivasi dan kesempatan kepada anak untuk belajar. Latar belakang guru yang penyabar, ternyata membuat kemudahan anak belajar iqro, dibandingkan dengan guru yang secara emosi masih labil. Hal ini yang membuat anak cenderung mudah dan menyukai belajar huruf hijaiyah, cara guru yang bervariasi mengajarkan anak satu dengan yang lainya saat mengajarkan huruf hijaiyah, memberikan dampak positif cepatnya menyelesaikan iqro di usia dini. Tidak hanya itu bahkan hafalan-hafalan surat pendek pun sangat cepat untuk anak usia dini. Pernyataan ini menjadi temuan dan novelty dalam penelitian ini.    

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-athfaal

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Raden Intan Lampung. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan teori-teori baru dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Pendidikan Islam ...