Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk berupa lembar kerja siswa (LKS)berbasis contextual teaching and leraning (CTL) pada materi tekanan untuk peserta didik kelas VIII SMP.Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desainproduk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian iniadalah peserta didik kelas VIII K SMPN 20 Bandar Lampung. Jenis data yang dihasilkan adalah datakualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untukmenentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata penilaian sebesar 90% dengankategori sangat layak dari guru dan hasil nilai oleh ahli materi memperoleh rata-rata penilaian sebesar87% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh rata-rata penilaian sebesar 96% dengankategori sangat layak.; Sehingga dapat disimpulkan lembar kerja siswa (LKS) Berbasis contextualteaching and leraning(CTL)dapat digunakan sebagai bahan ajar fisika khususnya pokok bahasan tekanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018