Al-Mu'awanah
Vol 3 No 1 (2022): Juni 2022

Pendampingan pembelajaran bahasa inggris melalui active learning bagi siswa-siswi

Mandasari, Berlinda (Unknown)
Aminatun, Dyah (Unknown)
Ayu, Mutiara (Unknown)
Hamzah, Intan (Unknown)
Dewi, Gustianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran aktif atau active learning merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mengajar bahasa Inggris karena sifat pembelajaran bahasa itu sendiri membutuhkan interaksi satu sama lain. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di MA Ma’arif 9 Kotagajah, Lampung Tengah bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para siswa di sekolah tersebut untuk belajar Bahasa Inggris secara aktif dan terlibat secara langsung dalam setiap aktifitas pembelajaran. Terdapat empat sesi dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu: 1) penyampaian materi dan motivasi belajar Bahasa Inggris, 2) tips and trik, serta best practice dalam belajar Bahasa Inggris, 3) penerapan active learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 4) motivasi lanjut studi setelah menguasai Bahasa Inggris. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa para siswa yang pada awalnya memiliki motivasi yang rendah dan persepsi kurang baik terhadap pelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris setelah mengikuti kegiatan pendampingann pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini ditunjukan dengan respon positif siswa selama mengikuti kegiatan dan hasil kuesioner terkait persepsi siswa terhadap kegiatan. Kegiatan serupa sebagai kelanjutan proses pembelajaran juga diharapkan guna tercapai tujuan pembelajaran Bahasa Inggris secara menyeluruh.Kata Kunci: active learning, Bahasa Inggris, pendampingan pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ajpm

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

This journal was first published in 2020 and is periodically published twice per year in June and December. Since 2020 this journal has been online. Al Muawanah: Journal of Community Service is a communication medium used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and students to convey ...