Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 7 No. 2 (2024):, Juli 2024

PENERAPAN MODEL CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 060866

Siska, Tiara (Unknown)
Amelia, Chairunnisa (Unknown)
Ayati, Ayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana pada 1 siklus terdiri atas 1 pembelajaran. Pada pelaksanaan penelitian siklus 1 meliputi siklus yang terdiri atas empat langkah, yakni: 1) perencanaan (planning), 2) aksi atau tindakan (acting), 3) observasi (observation), 4) refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti beserta guru berkolaborasi dalam merancang pembelajaran mulai dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menggunakan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks non fiksi. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 060866 pada pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum menerapkan model CIRC yang tergolong tinggi pada interval 100-80 sebanyak 8 orang, tergolong sedang pada interval 79-65 sebanyak 9 orang dan tergolong rendah pada interval 64-40 sebanyak 5 orang siswa dengan presentasi. Menurut hasil perhitungan, nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di SD Negeri 023891 adalah 72 yang termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...