Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 7 No. 2 (2024):, Juli 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101837 SUKAMAKMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Gurusinga, Elfa Yolanda Br (Unknown)
Abi, Antonius Remigius (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)
Sipayung, Regina Fredrika (Unknown)
Silaban, Patri Janson (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 101837 Sukamakmur tahun pembelajaram 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 101837 Sukamakmur yang dilihat dari hasil nilai ulangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah metode eksperimen. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling total. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian ini melakukan Pretest dengan nilai rata-rata 49,6. Hasil dari Posttest tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pretest yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siswa mencapai 75,17 kategori baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...