Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 7 No. 2 (2024):, Juli 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD UPTD SDN 11 PEKAN TOLAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Gloria Hutabarat, Esvina (Unknown)
Simarmata, Ester Julinda (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)
Lumban Gaol, Rumiris (Unknown)
HS, Dyan Wulan Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 11 Pekan Tolan. Metode penelitian ini adalah Eksperimen pre-eksperimental Design dengan memberikan pretest, posttest dan angket. Hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90,98 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw termasuk dalam kategori gagal dengan nilai rata-rata 45,95. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan uji t yaitu diperoleh nilai Thitung = 24,35 (dibulatkan) dan Ttabel = 2,05 (dibulatkan) maka nilai Thitung > Ttabel atau 24,35 > 2,05. Sehingga diterima H1 atau ada Pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD UPTD SDN 11 Pekan Tolan Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...