Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema Tumbuhan Sumber Kehidupan Di Bumi di kelas IV SD Negeri 097820 Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2023/2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual (X) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif dan jumlah sampel penelitian ini adalah 25 siswa berdasarkan  teknik sampling jenuh.  Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket, instrumen tes pilihan berganda. Hasil belajar siswa menunjukan rat-rata pretest 62,65 sedangkan nilai rata-rata posttest 85,64 dan untuk kuesioner/angket siswa memperoleh nilai rata-rata 92,52. Selanjutnya penguji hipotesis menunjukan dengan thitung sebesar 9,984  sedangkan ttabel 2,068 maka terbukti bahwa hipotesis lebih besar maka Ho ditolak dan  Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara Model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025