Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 6 No 2 Desember 2023

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI

Hasibuan, Asnita (Unknown)
Gultom, Candra Ronitua (Unknown)
Simanungkalit, Widia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII-2 dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap pelaksanaan terdiri dari lima tahapan sesuai dengan model Discovery Learning, yaitu 1) pemberian rangsangan, 2) pertanyaan/identifikasi masalah, 3) pengumpulan data, 4) pengolahan data, 5) pemeriksaan data serta 6) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Budi Murni 4 Medan yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test menulis persuasi setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Discovery Learning yang berorientasi HOTS meningkatkan kemampuan siswa menulis teks persuasi. Pada pra siklus diperoleh bahwa nilai rata-rata 50,07, dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 8%. Pada siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan model Discovery Learning dengan nilai rata-rata 67,77 dan tingkat ketuntasan secara klaiskal sebesar 38% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 79,50 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85% sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Sehingga kemampuan menulis teks persuasi menunjukan hasil yang signifikan. Pada siklus I sebesar 38% atau sebanyak 10 siswa, meningkat pada siklus II 85% sebanyak 22 siswa telah berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 75. Model pembelajaran Discovery Learning yang berorientasi HOTS dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis persuasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...