Peningkatan hasil belajar dilakukan pada peserta didik untuk mencapai sebuah KKM. Dalam pencapaian keberhasilan pada pembelajaran diperlukan penggunaan alat peraga untuk mempermudah penyampaian materi agar peserta didik lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Untuk peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika diperlukan alat peraga Dakota. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh alat peraga Dakota terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Pretest Posttest Design Group dengan jenis penelitian Pre-Eksperimen.penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ( Pretest dan Postest) serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normaliats, uji homogenitas, uji N-Gain, dan Uji Paired Samples T- test. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh alat peraga Dakota terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Dengan bukti thitung > ttabel atau 13.6>1.68. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga Dakota dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Kata kunci: Alat Peraga Dakota, Hasil Belajar
Copyrights © 2023