Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran materi sistem tata surya yang bersifat abstrak dan sulit dipahami siswa jika hanya disampaikan melalui metode konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas media Wordwall sebagai game edukatif dalam pembelajaran IPAS untuk siswa kelas VI di SD Negeri Sirnarasa, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dipadukan dengan langkah-langkah dari Borg & Gall. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, serta tes pre-test dan post-test. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan pengukuran efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score. Proses pengembangan media melibatkan validasi dari tiga pakar, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain instruksional. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Wordwall memperoleh skor sebesar 89% dari ahli materi, 91% dari ahli media, dan 90% dari ahli desain instruksional. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media ini juga tinggi, dengan skor 90%. Semua hasil tersebut termasuk dalam kategori “sangat layak”. Untuk mengetahui efektivitas media, dilakukan pre-test dan post-test, lalu dianalisis menggunakan N-Gain. Hasilnya menunjukkan presentase N-Gain sebesar 90%, yang menandakan bahwa penggunaan Wordwall sangat efektif dalam membantu siswa memahami materi sistem tata surya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025