Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 8 No. 2 (2023)

Pemanfaatan Fitur Pelatihan Mandiri dalam Memahami Kurikulum Merdeka

Metta Liana (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Dina Fitriyah (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Nur Eka Kusuma Hindrasti (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Nevrita Nevrita (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Eko Febri Syahputra Siregar (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Nur Izzati (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana respon dan pendapat para pendidik mengenai fitur Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar. Lima aspek yang diteliti meliputi kemudahan akses, tampilan, konten/materi, keterampilan, dan kebermanfaatan. Metode penelitian berupa statistik deskriptif dengan teknik pengambilan data survei melalui kuesioner tertutup dengan menggunakan skala Likert. Subjek penelitian adalah pendidik di Sekolah Penggerak yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka di Kepulauan Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur Pelatihan Mandiri bagi para penggunanya mudah diakses, tampilan dapat menfasilitasi gaya belajar, topik yang disediakan beragam dan relevan dengan kebutuhan, memberikan kemudahan dalam menyelesaikan aksi nyata, dan membantu mendapatkan pemahaman utuh terkait implementasi kurikulum Merdeka. Dengan demikian, fitur Pelatihan Mandiri efektif digunakan sebagai platform pembelajaran mandiri untuk memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpnk

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal published by Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Agency for Research and Development, Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia), publish twice a year in June and December. This journal ...