Keterampilan proses sains merupakan fondasi penting dalam menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah anak sejak usia dini. Namun, masih banyak lembaga PAUD yang belum memanfaatkan media pembelajaran inovatif secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Buku Tata Surya (BUTATSU) berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan proses sains anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 15 anak di TK Islam Annur Bastari Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap keterampilan proses sains berdasarkan lima indikator. Data dianalisis menggunakan uji-t dan N-Gain. Rata-rata skor anak meningkat dari 6,66 pada pretest menjadi 15,3 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 65% yang termasuk dalam kategori sedang. Uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (p < 0,05). Anak tampak lebih aktif, mampu mengamati objek, mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan hasil pengamatannya dengan lebih jelas. Media Buku Tata Surya (BUTATSU) berbasis Augmented Reality terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini, khususnya pada indikator mengamati, mengklasifikasi, dan mengomunikasikan.
Copyrights © 2025