Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengaruh Buku Tata Surya (BUTATSU) Berbasis Berbasis Augmented Reality terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5–6 Tahun di TK Islam Annur Bastari Pekanbaru

Mugianti, Delta Ari (Unknown)
Risma, Devi (Unknown)
Kurnia, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan fondasi penting dalam menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah anak sejak usia dini. Namun, masih banyak lembaga PAUD yang belum memanfaatkan media pembelajaran inovatif secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Buku Tata Surya (BUTATSU) berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan proses sains anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 15 anak di TK Islam Annur Bastari Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap keterampilan proses sains berdasarkan lima indikator. Data dianalisis menggunakan uji-t dan N-Gain. Rata-rata skor anak meningkat dari 6,66 pada pretest menjadi 15,3 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 65% yang termasuk dalam kategori sedang. Uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (p < 0,05). Anak tampak lebih aktif, mampu mengamati objek, mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan hasil pengamatannya dengan lebih jelas. Media Buku Tata Surya (BUTATSU) berbasis Augmented Reality terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini, khususnya pada indikator mengamati, mengklasifikasi, dan mengomunikasikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...