Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk integrasi dan jenis nilai-nilai ekologis yang dapat ditanamkan melalui permainan tradisional dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menganalisis berbagai buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti congklak, gobak sodor, engklek, dan bentengan dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS melalui perencanaan tujuan, materi, metode, dan penilaian yang bermuatan nilai lingkungan. Nilai-nilai ekologis yang dapat ditanamkan meliputi kepedulian terhadap lingkungan, kesederhanaan, tanggung jawab ekologis, kerja sama, adaptasi terhadap alam, dan pelestarian budaya lokal. Permainan tradisional terbukti efektif sebagai media pembelajaran kontekstual yang mampu menumbuhkan kesadaran ekologis siswa sejak dini. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan pembelajaran berbasis budaya lokal untuk membentuk karakter peduli lingkungan sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka dan profil pelajar pancasila.
Copyrights © 2025