Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Integrasi Pendidikan Nilai Ekologis melalui Permainan Tradisional dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Zai, Eka Periaman (Unknown)
Lase, Indah Wijaya (Unknown)
Mendrofa, Operianus (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk integrasi dan jenis nilai-nilai ekologis yang dapat ditanamkan melalui permainan tradisional dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menganalisis berbagai buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti congklak, gobak sodor, engklek, dan bentengan dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS melalui perencanaan tujuan, materi, metode, dan penilaian yang bermuatan nilai lingkungan. Nilai-nilai ekologis yang dapat ditanamkan meliputi kepedulian terhadap lingkungan, kesederhanaan, tanggung jawab ekologis, kerja sama, adaptasi terhadap alam, dan pelestarian budaya lokal. Permainan tradisional terbukti efektif sebagai media pembelajaran kontekstual yang mampu menumbuhkan kesadaran ekologis siswa sejak dini. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan pembelajaran berbasis budaya lokal untuk membentuk karakter peduli lingkungan sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka dan profil pelajar pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...