Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Analisis Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Instruksional terhadap Kinerja Guru di SMKN X Kabupaten Bandung

Oktaviani, Delia (Unknown)
Nuradina, Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim organisasi dan kepemimpinan instruksional terhadap kinerja guru di SMKN X Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian sebanyak 70 guru dipilih secara probabilitas menggunakan teknik sampling sederhana. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis statistik dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji normalitas, korelasi Spearman, serta uji simultan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi dan kepemimpinan instruksional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai R Square sebesar 0.526 atau 52.6%. Dari kedua variabel tersebut, iklim organisasi memberikan kontribusi terbesar (Koefisien β = 0.476) terhadap kinerja guru dibandingkan kepemimpinan instruksional (Koefisien β = 0.177). Temuan ini menegaskan bahwa iklim organisasi dan kepemimpinan instruksional secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru. Oleh karena itu, upaya peningkatan iklim organisasi dan penerapan model kepemimpinan yang tepat perlu menjadi fokus dalam pengembangan manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...